Lowongan TKI Ke Jepang Terbaru 2022/2023 GRATIS!! Gaji 30jt/bln

Berikut informasi lowongan kerja visa engineering eks jepang/ Umum:  Lowongan TKI Ke Jepang Terbaru 2019/2020 GRATIS!! Gaji 30jt/bln
      
LOWONGAN KERJA PROGRAM VISA ENGINEERING (EX MAGANG JEPANG/UMUM)

Berikut informasi tentang Lowongan kerja ke jepang Gratis, silahkan simak
Bagi Orang Indonesia yang ingin bekerja di Jepang menjadi (TKI/TKW), anda harus mempuyai status yang bersesuaian atau mendapat ijin tinggal (egibility).Negara Jepang adalah salah satu negara maju yang sangat ketat dalam pemberian visa (ijin masuk). Apalagi untuk visa kerja teramat ketat. Jenis visa pun untuk kategori visa kerja beraneka ragam. di jepang tidak menerima pekerja TKI/TKW sebagai kasir swalayan, pembantu rumah tangga(prt/tkw), sopir dll. Masyarakat negara tersebut kurang mengenal budaya menggunakan tenaga pembantu rumah tangga(prt). Semua urusan rumah tangga umumnya dikerjakan sendiri atau lewat jasa perusahaan pembersih yang bisa disewa kapan saja. Sedangkan pekerjaan sebagai kasir swalayan umumnya adalah pekerjaan paruh waktu yang dilakukan oleh kalangan pelajar atau ibu rumah tangga.

Visa merupakan hal yang sering dipertanyakan adalah ada tidaknya”visa kerja di Jepang/working visa” karena selama ini yang sering terdengar adalah lowongan untuk Program magang ke Jepang baik seleksi melalui jalur IMM (IM Japan) yang bekerja sama dengan kantor Depnakertrans maupun Jalur Non IMM Melalui LPK/Yayasan bukannya kerja di Jepang.Ternyata anggapan seperti itu adalah salah, Jepang sama seperti negara lain, juga memiliki visa kerja. Namun visa kerja ini dibatasi dalam beberapa bidang saja.

Berikut Jenis visa untuk bekerja ke Jepang : Professor (for 3 years or 1year) sebagai pengajar, Artist (for 3 years or 1year) sebagai pekerja seni, Religious Activities (for 3 years or 1year) tugas tugas keagamaan, Journalist (for 3 years or 1year) sebagai reporter dan wartawan, Investor / Business Manager (for 3 years or 1year) penanam modal dan manegement perusahaan, Legal / Accounting Services (for 3 years or 1year) sebagai pengacara, akuntan, Medical Services (for 3 years or 1year) sebagai orang yang punya keahlian dibidang kedokteran dan apoteker, Researcher (for 3 years or 1year) sebagai peneliti, Instructor (for 3 years or 1year) sebagai instruktur, visa engineering jepang (for 3 years or 1year) sebagai ahli teknik, Specialist in Humanities / International Services (for 3 years or 1year) sebagai spesialist sastra dan kerja internasional, visa Intercompany jepang Transferee (for 3 years or 1year) untuk kerja di anak perusahaan di jepang, Entertainer (for 3 years or 1year) sebagai penghibur, seniman, Skilled Labor (for 3 years or 1year) sebagai tenaga ahli seperti koki dan lainnya.

Visa kerja/working visa ke jepang merupakan peluang bagi mantan kenshusei/ex jepang untuk berangkat kembali bekerja ke Jepang, yaitu dengan menggunakan visa kerja sebagai engineer tenaga ahli bidang teknik.
berikut:
Lowongan kerja visa engineering Kenshusei.com (lowongan kerja eks jepang terbaru), bukan program Magang/kenshuei : Seleksi via Accepting Organization/AO (langsung berdasarkan perusahaan penerima dijepang) dan seleksi via Sending Organization/SO ( Lembaga pengirim diindonesia).

lowongan kerja ex kenshusei jepang 2022/2023

Program ini terlibat dalam penelitian dan pengembangan produk baru, yang berfokus pada perusahaan IT dan Produsen Terkemuka di Jepang. Program pekerja di bidang seperti mobil, elektronik konsumen, ponsel, semikonduktor, lingkungan, peralatan medis, dan lain- lain. Sebagai perusahaan Jepang yang telah mengalami perkembangan globalisasi dalam beberapa tahun terakhir, ada lebih dan lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan cabang di luar negeri dan pabrik, Oleh karena itu, tidak hanya menguasai bahasa inggris tetapi juga memiliki pengetahuan tentang kondisi lingkungan di berbagai negara yang di perlukan dan telah diubah ke waktu yang kita butuhkan untuk memproduksi( mengembangkan produk) dalam perspektif baru.

JENIS PEKERJAAN

Mechanical Engineer, Electrical & Elctronic Engineer, Process Engineer, Software Engineer, Construction ( kami Seleksi pekerjaan berdasarkan keahlian dan pengalaman anda )
- Mechanical Engineering/Drawing, Analysis, Drafting, CAD Operator(3D/2D)
- Electrical Design, Wiring Examination, Plant Engineering/Maintenance
- Electronic Circuit/Circuit Board/LSI Design/Development/Examination/Evaluation, Process, Control ECU, Installation Camera CCTV
- Industrial Technology, Start Up Production Line, Mold Design, Jig Design, NC Machining, Process Control
- Embedded Control Development, Microcomputer Control, Firmware Development
- Business Application Program Development, Application Development 【Penanganan / perawatan Produk・Penempatan kerja Contoh】 Peralatan Transportasi dan Suku Cadang dari Mobil/Pesawat/Kapal Peralatan Transportasi dari Belt Conveyor/Industri Robot/Peralatan konstruksi. Mobile Phone/PC/Audio/TV/Pendingin/ Elektronik rumah tangga/ Semikondutor/Peralatan Presisi/Lingkungan・berhubungan peralatan Medis Petrokimia /Pabrik Plat Baja. berikut Lowongan kerja tki ke jepang :

Lowongan Engineering via Accepting Organization (Langsung dari Perusahaan penerima dijepang)/ job fair.
Seleksi melalui jalur AO(accepting organization) GRATIS!! TIDAK DIPUNGUT BIAYA SEPESER PUN, Untuk pengurusan Visa Engineer di tanggung Perusahaan penerima dijepang.
Lama proses : 6 bulan- 1 Tahun
Lowongan kerja ke jepang bagi ex jepang

Persyaratan Wajib [Tidak bisa ditawar]
- Pria, Usia Max 35 Tahun
- Memiliki surat pengalaman kerja dibidangnya minimal 3 Tahun dari perusahaan.
- Lulusan Pendidikan Minimal S1 Jurusan Teknik [ Bisa Eks Jepang/Umum] .
- Memiliki sertificate bahasa jepang JLPT N2/N1 .

Pendaftaran

Bagi yang memenuhi persyaratan diatas pendaftaran bisa mengirimkan CV (daftar riwayat hidup) Rirekisho dalam bahasa jepang, dengan melampirkan foto copy ijasah teknik S-1, Surat pengalaman kerja dari perusahaan dan sertificate Jlpt N2/N1
Via Email ke = seleksi@outlook.co.id
Lihat contoh >> [ Rirekisho dalam bahasa jepang ]
Hanya kandidat yang melakukan confirmasi panggilan via telp ke Kenshusei.com yang akan kami proses

Fasilitas yang diperoleh bagi kandidat yang lolos interview 
-Tiket pesawat perjalanan dari Indonesia jepang [ditanggung perusahaan penerima dijepang] untuk sekali jalan.
-Gaji disetarakan dengan tenaga kerja asli jepang.
-Bagi yang sudah bekeluarga, dipersilahkan membawa anggota keluarganya dijepang.
-Mendapatkan hak cuti.
-Akomodasi tempat tinggal 1-3 bulan pertama ditanggung perusahaan.
Seleksi melalui jalur SO(Sending organization) biaya pengurusan visa engineer, Medical Checkup, biaya berangkat, dan biaya tinggal dijepang seluruhnya ditanggung oleh peserta. (Pembayaran setelah CEO“Certificate Of Egibility” turun) 
Lama proses : 6 bulan- 1 Tahun

Persyaratan Pelamar

- Lulusan sarjana jurusan Teknik (S-1) Jurusan Teknik Mesin, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Elektro.
- Bisa bahasa jepang memiliki sertificate JLPT minimal N3/3KYU.
- Memiliki surat pengalaman kerja dari perusahaan minimal 2 Tahun kerja.
- Pria Usia max 33 Tahun.
POSISI JABATAN:
1. TEKNISI DESAIN MESIN
2. TEKNISI SITEM KONTROL SOFTWARE

- TEKNISI DESAIN MESIN

SKILL TEKNIS YANG DIBUTUHKAN
Desain mesin, Memiliki keahlian desain dan menggambar, mampu mengoperasikan CAD 3D.
Pengalaman di bidang permobilan seperti, desain badan mobil, desain on-board sparepart mobil, dll.
Body, desain bagian dalam dan luar, wire harness, drive system, power system, steering system, braking system, sistem penerangan, sistem dashboard (meteran), sistem pembuangan gas, sistem pendingin, sistem alat pendingin, suspension system, komponen pengaman Pengalaman dalam mobil listrik, pengalaman men-desain mobil yang berhubungan dengan hybrid vehicle (menggunakan listrik dan bensin) Pengalaman dalam konstruksi mesin, pesawat, badan mobil yang berhubungan dengan auto bike, desain kendaraan Pengalaman dalam mesin perangkat bergerak, produk elektronik rumah tangga, Pengalaman yang berhubungan dengan desain perangkat, dll. Modeling CAD 3D, lay-out CAD 3D, analisis CAE.

SYARAT LAINNYA:
Harus bisa percakapan bahasa Jepang yang cukup untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan
Harus bisa berkomunikasi dan rapat teknis menggunakan percakapan bahasa Jepang yang menggunakan bahasa istilah teknik. Terkait dengan pekerjaan pengembangan di Jepang, harus mampu beradaptasi tinggal dan bekerja dalam waktu lama. Untuk memohon izin tinggal bekerja sebagai teknisi, harus merupakan lulusan universitas jurusan teknik reguler 4 tahun Berusia maksimal 33 tahun (pada saat datang ke Jepang) (batas maksimum usia dibuat berdasarkan dari sudut pandang persiapan dan karyawan training di lapangan) (Kondisi Penempatan Kerja).

- TEKNISI SISTEM KONTROL SOFTWARE

SKILL TEKNIS YANG DIBUTUHKAN
Mempunyai keahlian di bidang sistem kontrol, firmware, desain middleware dan keahlian coding.
Pengembangan driver, manajemen CPU, manajemen peripheral, pengembangan model base.
Pengalaman dalam CPU (micro-process), instalasi pemasangan cctv gudang.
Pengalaman dalam bahasa Matlab, SimLink, C, C++, VC++ dll.
Pengalaman dalam deskripsi kebutuhan, desain dasar, analisis, dll.
Pengalaman praktek mendetail dalam desain mendetail, coding, test dan lain-lain untuk produksi barang.
berpengalaman dalam sistem manajemen teknologi manajemen, komunikasi dll.


SYARAT LAINNYA:
Harus bisa percakapan bahasa Jepang yang cukup untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan
Harus bisa berkomunikasi dan rapat teknis menggunakan percakapan bahasa Jepang yang menggunakan bahasa istilah teknik.
Terkait dengan pekerjaan pengembangan di Jepang, harus mampu beradaptasi tinggal dan bekerja dalam waktu lama.
Untuk memohon izin tinggal bekerja sebagai teknisi, harus merupakan lulusan universitas jurusan teknik reguler 4 tahun.
Berusia maksimal 33 tahun (pada saat datang ke Jepang) (batas maksimum usia dibuat berdasarkan dari sudut pandang persiapan dan karyawan training di lapangan) (Kondisi Penempatan Kerja).

GAJI BULANAN
- GAJI 240.000 YEN/BULAN (Kurs 121= 29,2 Juta/Bulan)
- Gaji Meningkat Tiap Tahun
- Uang Bonus (2 kali dalam Setahun)
- Uang Lembur 100rb-120rb/jam
- Kontrak 5 Tahun
- Jenis Multiple Entry/Bisa kembali ke jepang
- Bisa membawa anggota Keluarga

BONUS, KESEJAHTERAAN
Gaji meningkat : setiap 1 tahun sekali. Bonus : 2 kali dalam setahun, Mess Karyawan untuk sendiri atau keluarga Asuransi Sosial Sistem Pendukung relokasi biaya.

LIBURAN, LIBURAN DIBAYAR
Sistem lima hari kerja Libur Nasional Musim Panas & Libur Tahun Baru Acara Liburan Keluarga Paid Holiday Perawatan, Cuti Jumlah Total Liburan : Sekitar 117 hari".
Tidak ada pungutan biaya apapun selama proses seleksi, sampai peserta dinyatakan lolos dan jaminan Berangkat,

BIAYA YANG DIKELUARKAN PESERTA ENGINEERING DI INDONESIA 
1. Biaya Medical Check Up (para kandidate yang mengatur, bisa dilakukan di Klinik dan medical lengkap meliputi test darah, urine, rontgen, anti HIV, Anti Narkoba, PAP TB, utk biaya ditanggung oleh peserta)
2. Biaya Passport (para kandidate sendiri yang mengatur, bisa dibuatkan di immigrasi manapun)
3. Biaya Tiket (para kandidate sendiri yang mengatur, jadi peserta diharuskan membeli tiket sendiri ditravel agent yang dianggap paling murah)

BIAYA PESERTA ENGINEERING DI JEPANG
1. Biaya Makan
2. Biaya Mess
3. Biaya Transportasi

Pendaftaran Engineering via Sending Organization(SO)
Kandidat yang memenuhi persyaratan pendaftaran bisa mengirimkan CV (daftar riwayat hidup) Rirekisho dalam bahasa jepang, dengan melampirkan foto copy ijasah teknik S-1, Surat pengalaman kerja dari perusahaan dan sertificate JLPT minimal N3/3kyu.
Via Email ke = seleksi@outlook.co.id
Lihat contoh >> [ Rirekisho dalam bahasa jepang ]
Hanya kandidat yang melakukan confirmasi panggilan via telp ke Kenshusei.com yang akan kami proses.

Bagi Peserta EX Kenshu yang belum memenuhi persyaratan diatas, pendidikan terakhir hanya sma/smk, masih ada jalan lain untuk bisa kembali bekerja kejepang yaitu melalui program “re-entry eks magang jepang”(eks jepang ke jepang lagi). Program ini ditujukan bagi peserta ex jepang yang ingin kembali ke perusahaan dulu tempat magang dijepang(eks jepang kembali ke jepang), ini merupakan program Olimpiade Tokyo 2020, Jepang membuka kesempatan untuk Ex Magang Jepang Untuk bisa kembali kerja di Jepang (
lowongan kerja eks kenshusei). Tetapi yang diijinkan hanya berlaku untuk jenis pekerjaan konstruksi bangunan dan las/welder perkapalan seperti tertulis di sertificate JITCO . 

jitco konstruksi
Cara mengikuti Progam Re-Entry: Perusahaan penerima dijepang harus sudah mendapat ijin khusus untuk memanggil peserta eks magang jepang.

Perusahaan/ sachou dijepang bisa menghubungi pihak JITCO untuk mendapatkannya. Kemudian kantor imigrasi dijepang akan mengeluarkan Sertifikat Izin Tinggal /COE, Certificate of Eligibility. Dengan status izin "Designated Activity" bahasa Jepangnya "TOKUTEI KATSUDO" status "Kegiatan Khusus". Barulah pihak sachou/perusahaan penerima dijepang menerbitkan Surat Undangan kepada peserta eks kenshu yang akan dipanggil magang kembali kejepang. Atas dasar undangan dan COE inilah, peserta eks kenshu baru bisa mengajukan VISA ke kantor Kedutaan Jepang yang ada diindonesia. Sesuai jenis perusahaan penerima di Jepang, misalnya bergerak dibidang konstruksi bangunan, Maka Kedutaan akan mengeluarkan "VISA CONSTRUCTION WORKER". 

Jangka waktu Program Re-entry eks magang jepang ini adalah 3 tahun, setiap tahun peserta harus mempebarui visa dan perusahan penerima dijepang merekomendasi keberadaan peserta di Jepang.
Bagi peserta ex magang jepang yang serius ingin kembali bekerja ke jepang yang belum memenuhi persyaratan job engineering diatas, Yang pendidikan terakhir hanya SMA/SMK atau belum bisa memiliki sertificate bahasa jepang JLPT, bisa kami bantu pengurusan mendapatkan “Sertificate Of Eligibility” CEO di kantor imigrasi melalui jasa konsultan. Kami buatkan penjamin, dan kami carikan perusahaan penerima dijepang, dan kami bantu proses perubahan status/izin tinggal menjadi visa kerja.
Info selengkapnya silahkan hubungi : http://www.kenshusei.com
Lama Proses: Langsung Berangkat!!


Berikut Perbandingan Program Magang Jepang dan Kerja Jepang

* Visa magang sifat Single Entry (hanya berlaku untuk sekali masuk jepang), Visa Kerja(working visa) sifat Multiple Entry (Bisa bekali-kali masuk jepang).

* Magang jepang tidak bisa pindah perusahaan dijepang, sedangkan visa kerja(working visa) bisa pindah perusahaan.

* Visa magang tidak bisa diperpanjang ijin tinggalnya, sedangkan visa kerja bisa diperpanjang ijin tinggal dijepang sesuai dengan kontrak perusahaan.

* Magang tidak memperoleh gaji, statusnya hanya sebagai uang saku, sedangkan visa kerja gaji sudah disetarakan tenaga kerja asli jepang.

* Penghasilan program magang dijepang berkisar 90.000-120.000 yen (9-12 juta/bulan), sedangkan kerja jepang penghasilan  berkisar 190.000-300.000 yen ( 19-30 juta/bulan) Gaji meningkat sesuai dengan karir dan tingkat jabatan.

Berikut struktur penggajian dijepang untuk menghargai kompetensi dan kinerja karyawannya

– >Pendidikan Lulusan D3 = JPY 170.000/bulan, atau sekitar Rp. 19 Juta/bulan

– >Pendidikan Lulusan S1 = JPY 190.000/bulan, atau sekitar Rp. 22 Juta/bulan

– >Pendidikan Lulusan S2 = JPY 190.000/bulan + JPY 20.000 = JPY 210.000, atau sekitar Rp. 25 Juta/bulan

* Kerja dijepang bisa mengajak keluarga (Suami/istri) untuk tinggal dijepang, sedangkan magang jepang tidak bisa

* Kerja jepang bisa mengundang keluarga atau teman berkunjung ke jepang/ sebagai penjamin, sedangkan magang jepang tidak bisa

Proses dan perubahan status/izin tinggal ( visa kerja)
Bagi orang asing yang tinggal di Jepang, bisa menetap setelah menerima keputusan status tinggal ( seluruhnya ada 27 jenis ). orang asing yang tinggal di Jepang dengan memiliki status tinggal, diizinkan untuk berkegiatan di dalam lingkup yang ditetapkan dalam jenis status tinggal tersebut. Karena itu, dalam rangka mencari pekerjaan di Jepang harus mengganti status tinggal saat ini ke " teknisi " atau " bisnis internasional/ khusus dibidang humaniora" yang memiliki izin bekerja.

Prosedur perubahan di imigrasi
Untuk meminta perubahan ke status pekerja, maka harus orang yang bersangkutan itu yang datang ke biro imigrasi regional atau biro terkait terdekat dan melakukan prosesnya di sana. Berikut ini adalah dokumen yang harus disiapkan.

Dokumen yang diperlukan

Hal-hal yang disiapkan sendiri
・Paspor asli nama anda ( atau serifikat travel) serta kartu residen.
Periksalah masa berlaku paspor. Kartu daftar orang asing pun dapat mengganti kartu residen

・lembar aplikasi izin perubahan status tinggal

Modul penggunaan lembar aplikasi akan berbeda berdasarkan jenis status tinggal.
N ( "peneliti"/ "teknisi"/ " bisnis internasional/ khusus di bidang humaniora"/"spesialis"/" kegiatan khusus a/b ") M ( investasi/usaha) I ( "profesor"/"pendidikan" ), U ( lain-lain).
Penggunaan akan berdasarkan pada jenis keterangan kegiatan sebagaimana tersebut.
Form lembar aplikasi dapat diminta di imigrasi dan juga dapat diunduh dari web site kementerian kehakiman
http://www.moj.go.jp/tetsuduki_shutsunyukoku.html
Lembar bisa digunakan dalam bentuk foto kopi.
Dalam lembar aplikasi perlu ada foto. Tempelkan foto ID ukuran 3cmx4cm.

・Lembar alasan aplikasi

Anda tidak harus menyerahkan lembar ini, namun dapat menjadi bahan pertimbangan jika menyerahkan tulisan penjelasan mengenai kaitan antara pekerjaan dan jurusan di universitas dan lain sebagainya, serta latar belakang sampai bisa mendapatkan pekerjaan. Tidak ada format khusus dalam menulis ini.

Dokumen yang diminta ke perusahaan
・Sertifikat daftar perusahaan
Mintalah sertifikat daftar perusahan mengenai perusahaan pihak penerima. Diperlukan cetakan 3 bulan sebelum melakukan proses aplikasi.

・Foto kopi lembar keterangan kontrak kerja

Merupakan kesepakatan antara orang tersebut dengan perusahan pihak rekrutmen dan sebagainya. Tidak masalah untuk menggunakan salinan dokumen perubahan personil serta surat penerimaan, namun harus meliputi beberapa hal seperti, kondisi kerja contohnya masa kontrak, tempat kerja serta tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam pekerjaan, jam kerja, masalah pengupahan dan pengunduran diri.

・foto kopi laporan keuangan dari perusahaan pihak rekrutmen dan sebagainya

Laporan keuangan adalah laporan laba rugi dan sewa-menyewa yang dibuat satu kali dalam satu tahun, setelah berakhirnya tahun fiskal. Mintalah hasil tahun yang paling dekat. Jika perusahannya baru didirikan dan tidak membuat laporan keuangan, mintalah laporan rencana tahunan sebagai pengggantinya.


・Foto kopi daftar keseluruhan catatan hukum seperti slip pemotongan pendapatan yang diperoleh pada tahun fiskal

yaitu laporan yang diserahkan oleh perusahaan kepada kantor pajak. Boleh memakai fotokopian, tetapi pastikanlah ada cap dari kantor pajak.

Bila perusahannya baru didirikan mintalah salinan sertifikat laporan pendirian, misalnya dari bagian pengupahan atau salinan laporan perhitungan pajak penghasilan, seperti pendapatan yang diperoleh dan tunjangan pemberhentian (pesangon) dalam 3 bulan terakhir

・Panduan Perusahaan
Jika ada brosur dari perusahaan, berikanlah itu. Atau bisa juga memberi print out situs perusahaan, tetapi diharapkan tercantum nama perusahan, alamat, nomor telpon, sejarah, modal, petugas, struktur, angka pekerja, angka pekerja orang asing ,penjualan pertahun, dan isi usaha ( hasil berbisnis dengan mitra bisnis utama).

Keterangan alasan kerja
Tidak harus diserahkan, tetapi akan dijadikan bahan pertimbangan apabila perusahaan yang mempekerjakan, memberikan surat keterangan yang menjelaskan dengan kongkret tentang alasan dan keharusan rekrutmen, serta isi pekerjaan yang akan dilakukan. Format penulisannya tidak ditentukan.
Selain itu untuk kasus tertentu, penyerahan ( sertifikat daftar perusahan mengenai perusahaan pihak penerima), ( laporan keuangan ), (daftar keseluruhan catatan hukum -legal- seperti slip pemotongan pendapatan yang diperoleh) dan ( panduan perusahaan ) boleh diabaikan. Namun, diharuskan untuk menyerahkan ( berkas lain sebagai pertimbangan ).

Dokumen didapatkan dari sekolah atau universitas
・Sertifikat kelulusan ( surat keterangan akan lulus/ Ijasah bagi yang sudah lulus)
Yaitu sertifikat akan yang dicetak oleh universitas tempat anda terdaftar dan akan lulus. Harus dengan aslinya. Untuk pelajar sekolah kejuruan, diperlukan surat keterangan sertifikasi "profesional/diplomat".

Berkaitan dengan periode pendaftaran aplikasi, jika tidak bisa mendapatkan sertifikat kelulusan, sebagai gantinya, serahkan surat keterangan akan lulus /Ijasah bagi yang sudah lulus. Setelah sertifikat kelulusannya sudah dicetak, maka perlu untuk segera diserahkan. untuk periode pendaftaran aplikasi, ditetapkan pada bulan januari agar lulusan baru bisa mendapatkan pekerjaan pada tiga bulan ke depan yaitu April.

Jika berkas penyerahan ada yang dibuat dengan bahasa asing, lampirkanlah terjemahannya ( bahasa Jepang). Karena berkas yang sudah diserahkan ke biro imigrasi tidak akan dikembalikan, maka jika yang ingin dikembalikan berkas aslinya, Tolong katakan "kembalikan berkas asli (gen pon kan pu)" agar dikembalikan. Jika seperti itu , jangan lupa untuk melampirkan berkas foto kopi dari aslinya.

Mengenai pemerikasaan biro imigrasi
Dalam pemeriksaan, pertama-tama akan dicek apakah kegiatan serta riwayat penetapan hingga kini di destinasi kerja, sesuai dengan jenis status tinggal seperti "teknisi, bisnis internasional/khusus di bidang humaniora" dan sebagainya.
- Apakah pengetahuan/keterampilan dimiliki orang tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikannya ( seperti (jurusan dan studi) atau karir lainnya?
- Apakah pengetahuan/keterampilan dimiliki orang tersebut akan bermanfaat jika dilihat dari segi jenis pekerjaan yang akan dilakukan?
- Apakah imbalan (seperti upah dan sebagainya) yang diberikan pada orang tersebut sesuai? Dan apakah terlihat kelancaran dan kestabilan dari skala dan prestasi perusahaan pihak rekrutmen ?
- Apakah benar-benar ada kesempatan bagi orang yang bersangkutan untuk mengembangkan pekerjaannya.
Mengenai hasil pemeriksaan, akan diberitahu melalui pos setelah beberapa hari kemudian dan bukan pada hari penyerahan aplikasi. 

Mengenai izin kerja.

Jika lulus ditahap pemeriksaan yang disebut di atas, maka akan diberikan status tinggal yang diperlukan untuk bekerja. Bedasarkan peraturan biaya prosedur imigrasi, jika menerima izin perubahan status tinggal, harus membayar 4,000 yen. (cara pembayarannya adalah dengan membeli materai seharga 4,000 yen dan ditempelkan pada "surat biaya prosedur").
Status tinggal untuk kegiatan mencari pekerjaan, maka prosedur dan syaratnya akan berubah

Lulusan junior college, sarjana, dan pasca sarjana serta lulusan yang bergelar ( profesional/ diploma) dari sekolah kejuruan ( dalam jurusan yang diambil), yang ingin melakukan kegiatan pencarian kerja, bisa melakukannya setelah melakukan perubahan status tinggal dari ( pelajar asing) ke ( kegiatan khusus). Masa berlakunya adalah selama 6 bulan, namun apabila dalam 6 bulan belum dapat menentukan pekerjaan, bisa melakukan perubahan ulang hingga dapat berkegiatan kembali selama 6 bulan. ( maksimal 1 tahun ditambah yang pertama kali).
Selain itu, dalam masa "kegiatan khusus" bisa melakukan kerja part-time dengan mendapatkan izin kegiatan diluar status.

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan perubahan ke kegiatan khusus (sedang melakukan kegiatan pencarian kerja)
1 Lembar aplikasi izin perubahan status tinggal (3 lembar untuk pendaftar dan foto)
2 Paspor dan kartu residen

( hal-hal yang disiapkan oleh pendaftar )
3 Surat yang membuktikan bahwa pemohon mampu membayar semua biaya hidup selama ia tinggal
4 Dokumen yang menerangkan bukti melakukan kegiatan pencarian kerja secara berkelanjutan ( seperti, catatan kegiatan pencarian kerja, pencapaian dan perencanan kegiatan pencarian kerja, surat daftar Hello Work, daftar jadwal rencana mengikuti sesi penjelasan perusahaan, surat hasil seleksi dan sebagainya)

( Hal-hal yang diminta ke sekolah)
5 Sertifikat kelulusan dari Universitas atau sekolah pasca sarjana, maupun surat keterangan gelar ( profesional/diploma) yang dicetak oleh sekolah kejuruan.
6 Surat rekomendasi melakukan kegiatan pencarian kerja dari sekolah
7 Nilai rapor dari sekolah kejuruan
8 Dokumen dari sekolah kejuruan yang menerangkan substansi gelar

Mengenai Status tinggal setelah diterima

Setelah selesai melakukan kegiatan pencarian kerja dan sudah diterima kerja, ada masa menunggu selama beberapa bulan sebelum mulai bekerja. Selama masa sebelum mulai bekerja, status tinggalnya sama yaitu (kegiatan khusus) namun karena tujuan kegiatan berubah dari ( kegiatan pencarian kerja) ke ( menunggu ), akan dilakukan perubahan prosedur.
Tetapi, jika berencana mulai bekerja pada bulan april dan kira-kira diterima kerja pada bulan Desember, maka sebaiknya mengajukan visa kerja, karena pemohon dapat mengajukan visa kerja, seperti ( bisnis internasional/khusus dibidang humaniora), (teknisi) dan sebagainya dari bulan Desember tahun sebelumnya. ( surat izin biasanya keluar dalam 1 bulan setelah mendaftar, tetapi melakukan perubahan status tinggal di imigrasi pada bulan maret setelah kelulusan)

Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam aplikasi perubahan ke ( kegiatan khusus "selama masa menunggu sampai diterima")
( Hal-hal yang disiapkan oleh pendaftar)
1 Lembar aplikasi perubahan status tinggal ( lampiran 5 lembar dan foto)
2 Paspor dan kartu residen
3 Surat yang menerangkan kemampuan penanganan akan seluruh beban selama masa tinggal

( Hal-hal yang diminta ke perusahaan)
4 Surat dari perusahaan yang dapat memastikan pernyataan konten rekrutmen serta tanggal penerimaan.
5 Surat perjanjian yang terlampir ketaatan perusahan akan duti perhubungan dan sebagainya
6 Isi pelatihan dilakukan selama masa sebelum direkrut ( hanya untuk yang ada)


Milikilah sertifikat kemampuan bahasa Jepang
Sekarang ini, perusahaan yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa umum mulai menjadi isu, namun itu sangatlah sedikit. Perusahaan Jepang pada umumnya menganggap bahwa pelajar asing yang lulus di Jepang sudah cukup memiliki kemampuan bahasa Jepang. Maka akan menjadi faktor penting juga, untuk memiliki sertifikat yang dapat menujukkan kemampuan tersebut secara objektif.

Test kemampuan bahasa Jepang ( JLPT)
Yaitu ujian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Jepang bagi orang bahasa ibunya bukan bahasa Jepang
Persyaratan mengikuti ujian:orang bahasa ibunya bukan bahasa Jepang
Pelaksanaan ujian:setahun dua kali ( Juli dan Desember)
isi:Test kemampuan bahasa Jepang terbagi 5 tingkat yaitu (N1、N2、N3、N4、N5). Soal ujian dibuat per tingkat, agar sebisa mungkin mengukur kemampuan bahasa Jepang secara detail. Untuk N4 dan N5 mengukur pemahaman dasar bahasa Jepang di dalam kelas. Untuk N1 dan N2 mengukur pemahaman bahasa Jepang yang dipakai pada situasi yang luas dalam keseharian nyata. N3 merupakan tingkatan yang menjembatani dari N4, N5 ke N1 N2.
Kontak:
Japan Educational Exchanges and Service ( JEES) Japanese-Language Proficiency Test ( JLPT)
4-5-29 Komaba, Meguro, Tokyo, Kode pos 153-8503
http://info.jees-jlpt.jp/
* Untuk pelaksanaan luar negeri, kunjungilah situs Japan Foundation
http://www.jlpt.jp/
Silahkan daftar online » Tes Japanese-Language Proficiency Test ( JLPT)

BJT tes kemampuan Bahasa bisnis Jepang
Tes yang mengukur dan menilai secara objektif, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang dalam situasi bisnis
Persyaratan mengikuti ujian:tidak ada
Pelaksanaan ujian:setahun dua kali ( Juni dan November)
isi:Test yang mengukur secara objektif kemampuan berkomunikasi meliputi pengelolaan informasi yang diberi, atas asumsi sudah memiliki pengetahuan grammar, kosa kata, dan Kanji. Dengan demikian, lingkup soal berupa segala situasi bisnis di Jepang. Soal berstruktur tiga bagian, yaitu listening comprehension test, composite test (listening + reading), dan reading test. Metode jawabanya adalah pilihan ganda dari empat pilihan dengan menggunakan sheet tanda. Hasilnya bukan "lulus atau tidak lulus", tetapi dinilai kedalam tingkatan J1-J5 berdasarkan angka (skor) dari nilai 0-800 yang diperoleh.

JI+
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang cukup memuaskan dalam situasi bisnis seperti apa pun.
JI
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang tepat dalam berbagai situasi bisnis.
J2
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang tepat dalam situasi bisinis tertentu.
J3
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang rata-rata dalam situasi bisnis tertentu.
J4
memiliki kemampuan dasar berkomunikasi dengan bahasa Jepang dalam situasi bisnis tertentu.
J5
hampir tidak memiliki kemampuan komunikasi bisinis dengan bahasa Jepang.
Kontak:Yayasan asosiasi test kemampuan Kanji Jepang

398-Gojo Karasuma cho, Jalan Karasuma Matsubara sagaru, Shimogyo ku, Kyoto. Kode pos :600-858

Tel.075-352-8300 Fax.075-352-8330

E-mail : bjt@kanken.or.jp http://www.kanken.or.jp/bjt/index.html

Pahamilah aturan-aturan dalam bekerja
- Bentuk kontrak kerja 
Untuk pekerja asing di Jepang, pada dasarnya dizinkan untuk bekerja di Jepang hanya dalam jangka waktu tinggal. Setiap kali jangka waktu tinggal habis, maka harus diproses kembali.

Oleh karena itu, pihak perekrut (perusahan) ada kalanya merekrut "pekerja kontrak" dengan menyesuaikan jangka waktu tinggalnya (berbeda dengan pekerja tetap, ini adalah sebutan untuk pekerja yang memiliki batasan masa kerja.

Ada pula kasus dimana setelah mendapatkan pekerjaan di Jepang dalam jangka waktu tertentu, dipekerjakan kembali sebagai pegawai tetap di perusahaan negara asal. Jika seperti itu, maka ada kalanya pendapatannya diturunkan karena disesuaikan dengan standar upah di negara itu. Pada saat bekerja, ceklah dengan seksama bentuk kerjanya di masa yang akan datang.

- Jenjang karir ( jenis pekerjaan / pengalaman pekerjaan)

Karena banyak pekerja asing yang memiliki kesadaran yang tinggi dan rencana yang jelas tentang ( career pass), serta banyak yang berpikir untuk mendapatkan hasil dalam jangka waktu singkat. Sehingga apabila kenyataan isi pekerjaan yang sudah didapatkan tidak sesuai dengan harapan, kemungkinan terburuknya akan berhenti bekerja.

Karena banyak perusahan Jepang cenderung berprinsip untuk melakukan pelatihan tenaga kerja dalam jangka panjang, maka penting untuk memahami betul (prinsip) strategi personalia perusahaan, baik sebelum maupun setelah diterima kerja.

- Aturan-aturan di ranah kerja

Banyak poin-poin khusus dalam budaya perusahaan Jepang, seperti cara proses bekerja dan manajemen waktu. Misalnya kalau di Jepang, memahami perincian setelah diterima dan memenuhi isi pekerjaan sambil melanjutkan pekerjaan, tetapi karena pekerja orang asing tidak mengetahui itu dan bekerja berdasarkan manual, ada kalanya timbul masalah.

Pekerja asing itu memperjelas lingkup pekerjaan dirinya dan memiliki batasan (pekerjaan saya sampai di sini ), tetapi kalau di Jepang, ada kalanya bekerja melebihi batas lingkup pekerjaan diri sendiri dan bekerja sama dengan semuanya demi mencapai satu target. 

Karena aturan-aturan seperti ini berbeda-beda tergantung perusahaannya, maka harus dipahami seiring melakukan pekerjaan sehari-hari. Selain itu ada aturan-aturan yang harus dipatuhi, jika ngin bekerja dengan menyenangkan di tempat kerja. Seperti penampilan, sapa-menyapa, bahasa sopan dan cara menelpon. 

Salah pengertian yang kecil saja bisa berakibat kesalahan atau kesalahpahaman besar, maka jika ada yang tidak mengerti, meminta untuk diajari sampai pahami dengan baik. 

- Memegang rahasia

Ada juga yang meminta (perjanjian memegang rahasia) pada orang yang akan mengetahui informasi yang tidak untuk dipublikasikan, karena akan memegang rahasia perusahaan ( seperti informasi tentang produksi baru, teknologi tersendiri, informasi finasial dan lain-lain). 
Banyak terlihat pada bidang pekerjaan yang keahliannya tinggi, tidak terkecuali juga pekerja asing.

- Perlindungan Privasi

Untuk perusahaan, tidak hanya data pelanggan dan data SDM tetapi diwajibkan untuk menggunakan dan mengatur berbagai jenis informasi pribadi secara tepat dan aman. 

Ketika di tempat kerja yang berkaitan dengan hal-hal ini, harus selalu berhati-hati dan berusaha untuk mencegah terjadi kebocoran 

- Membawa paspor dan lain-lainnya

Terdapat kasus dimana pihak perekrut (perusahaan) menyimpan paspor pekerja orang asing atau kartu residennya untuk melakukan pembaharuan saat masanya habis. Tetapi hal itu tidak benar, karena paspor dan kartu residen, dalam undang-undang imigrasi diwajibkan untuk selalu membawanya. Maka pastikan membawa dan menyimpannya dengan sendiri. 

- Wajib lapor

Ketika orang status tinggalnya sebagai pelajar asing atau pekerja asing keluar dari sekolahnya atau perusahaannya, maka wajib untuk melakukan "laporan mengenai kontrak lembaga" dalam waktu 14 hari. Lakukanlah dengan segera melalui pos atau menyerahkan sendiri. Dan untuk pihak yang merekrut pun wajib melakukan "laporan penerimaan penetap jangka waktu singkat atau panjang" 



- Bila terjadi perubahan terkait status tinggal, segera lapor ke biro imigrasi. 

Ubah isi kegiatan, dan jika akan melakukan kegiatan yang termasuk dalam status tinggal lain, maka segeralah mendaftar di biro imigrasi. Dan jika tidak melakukan kegiatan yang termasuk dalam status tinggal yang dimiliki saat itu, selama lebih dari 3 bulan berturut-turut, maka status tinggalnya akan dicabut dan menjadi penduduk ilegal.

berikut informasi tokutei ginou » Pendaftaran job tokutei ginou

Informasi bagi eks jepang » visa intercompany eks jepang


Informasi job terkait, Lowongan engineering it ke jepang.  lowongan kerja eks kenshusei. Visa engineering jepang. eks jepang kembali ke jepang. visa intercompany jepang. Info kerja ex jepang. lowongan kerja ke jepang bagi ex jepang. Lowongan tki jepang untuk wanita Gratis Potong Gaji

by jasa fotografer jakarta
Jasa video shooting jakarta
jasa video shooting khitanan


Berikut informasi lowongan kerja visa engineering eks jepang/ Umum:  Lowongan TKI Ke Jepang Terbaru 2019/2020 GRATIS!! Gaji 30jt/bln
      
LOWONGAN KERJA PROGRAM VISA ENGINEERING (EX MAGANG JEPANG/UMUM)

Berikut informasi tentang Lowongan kerja ke jepang Gratis, silahkan simak
Bagi Orang Indonesia yang ingin bekerja di Jepang menjadi (TKI/TKW), anda harus mempuyai status yang bersesuaian atau mendapat ijin tinggal (egibility).Negara Jepang adalah salah satu negara maju yang sangat ketat dalam pemberian visa (ijin masuk). Apalagi untuk visa kerja teramat ketat. Jenis visa pun untuk kategori visa kerja beraneka ragam. di jepang tidak menerima pekerja TKI/TKW sebagai kasir swalayan, pembantu rumah tangga(prt/tkw), sopir dll. Masyarakat negara tersebut kurang mengenal budaya menggunakan tenaga pembantu rumah tangga(prt). Semua urusan rumah tangga umumnya dikerjakan sendiri atau lewat jasa perusahaan pembersih yang bisa disewa kapan saja. Sedangkan pekerjaan sebagai kasir swalayan umumnya adalah pekerjaan paruh waktu yang dilakukan oleh kalangan pelajar atau ibu rumah tangga.

Visa merupakan hal yang sering dipertanyakan adalah ada tidaknya”visa kerja di Jepang/working visa” karena selama ini yang sering terdengar adalah lowongan untuk Program magang ke Jepang baik seleksi melalui jalur IMM (IM Japan) yang bekerja sama dengan kantor Depnakertrans maupun Jalur Non IMM Melalui LPK/Yayasan bukannya kerja di Jepang.Ternyata anggapan seperti itu adalah salah, Jepang sama seperti negara lain, juga memiliki visa kerja. Namun visa kerja ini dibatasi dalam beberapa bidang saja.

Berikut Jenis visa untuk bekerja ke Jepang : Professor (for 3 years or 1year) sebagai pengajar, Artist (for 3 years or 1year) sebagai pekerja seni, Religious Activities (for 3 years or 1year) tugas tugas keagamaan, Journalist (for 3 years or 1year) sebagai reporter dan wartawan, Investor / Business Manager (for 3 years or 1year) penanam modal dan manegement perusahaan, Legal / Accounting Services (for 3 years or 1year) sebagai pengacara, akuntan, Medical Services (for 3 years or 1year) sebagai orang yang punya keahlian dibidang kedokteran dan apoteker, Researcher (for 3 years or 1year) sebagai peneliti, Instructor (for 3 years or 1year) sebagai instruktur, visa engineering jepang (for 3 years or 1year) sebagai ahli teknik, Specialist in Humanities / International Services (for 3 years or 1year) sebagai spesialist sastra dan kerja internasional, visa Intercompany jepang Transferee (for 3 years or 1year) untuk kerja di anak perusahaan di jepang, Entertainer (for 3 years or 1year) sebagai penghibur, seniman, Skilled Labor (for 3 years or 1year) sebagai tenaga ahli seperti koki dan lainnya.

Visa kerja/working visa ke jepang merupakan peluang bagi mantan kenshusei/ex jepang untuk berangkat kembali bekerja ke Jepang, yaitu dengan menggunakan visa kerja sebagai engineer tenaga ahli bidang teknik.
berikut:
Lowongan kerja visa engineering Kenshusei.com (lowongan kerja eks jepang terbaru), bukan program Magang/kenshuei : Seleksi via Accepting Organization/AO (langsung berdasarkan perusahaan penerima dijepang) dan seleksi via Sending Organization/SO ( Lembaga pengirim diindonesia).

lowongan kerja ex kenshusei jepang 2022/2023

Program ini terlibat dalam penelitian dan pengembangan produk baru, yang berfokus pada perusahaan IT dan Produsen Terkemuka di Jepang. Program pekerja di bidang seperti mobil, elektronik konsumen, ponsel, semikonduktor, lingkungan, peralatan medis, dan lain- lain. Sebagai perusahaan Jepang yang telah mengalami perkembangan globalisasi dalam beberapa tahun terakhir, ada lebih dan lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan cabang di luar negeri dan pabrik, Oleh karena itu, tidak hanya menguasai bahasa inggris tetapi juga memiliki pengetahuan tentang kondisi lingkungan di berbagai negara yang di perlukan dan telah diubah ke waktu yang kita butuhkan untuk memproduksi( mengembangkan produk) dalam perspektif baru.

JENIS PEKERJAAN

Mechanical Engineer, Electrical & Elctronic Engineer, Process Engineer, Software Engineer, Construction ( kami Seleksi pekerjaan berdasarkan keahlian dan pengalaman anda )
- Mechanical Engineering/Drawing, Analysis, Drafting, CAD Operator(3D/2D)
- Electrical Design, Wiring Examination, Plant Engineering/Maintenance
- Electronic Circuit/Circuit Board/LSI Design/Development/Examination/Evaluation, Process, Control ECU, Installation Camera CCTV
- Industrial Technology, Start Up Production Line, Mold Design, Jig Design, NC Machining, Process Control
- Embedded Control Development, Microcomputer Control, Firmware Development
- Business Application Program Development, Application Development 【Penanganan / perawatan Produk・Penempatan kerja Contoh】 Peralatan Transportasi dan Suku Cadang dari Mobil/Pesawat/Kapal Peralatan Transportasi dari Belt Conveyor/Industri Robot/Peralatan konstruksi. Mobile Phone/PC/Audio/TV/Pendingin/ Elektronik rumah tangga/ Semikondutor/Peralatan Presisi/Lingkungan・berhubungan peralatan Medis Petrokimia /Pabrik Plat Baja. berikut Lowongan kerja tki ke jepang :

Lowongan Engineering via Accepting Organization (Langsung dari Perusahaan penerima dijepang)/ job fair.
Seleksi melalui jalur AO(accepting organization) GRATIS!! TIDAK DIPUNGUT BIAYA SEPESER PUN, Untuk pengurusan Visa Engineer di tanggung Perusahaan penerima dijepang.
Lama proses : 6 bulan- 1 Tahun
Lowongan kerja ke jepang bagi ex jepang

Persyaratan Wajib [Tidak bisa ditawar]
- Pria, Usia Max 35 Tahun
- Memiliki surat pengalaman kerja dibidangnya minimal 3 Tahun dari perusahaan.
- Lulusan Pendidikan Minimal S1 Jurusan Teknik [ Bisa Eks Jepang/Umum] .
- Memiliki sertificate bahasa jepang JLPT N2/N1 .

Pendaftaran

Bagi yang memenuhi persyaratan diatas pendaftaran bisa mengirimkan CV (daftar riwayat hidup) Rirekisho dalam bahasa jepang, dengan melampirkan foto copy ijasah teknik S-1, Surat pengalaman kerja dari perusahaan dan sertificate Jlpt N2/N1
Via Email ke = seleksi@outlook.co.id
Lihat contoh >> [ Rirekisho dalam bahasa jepang ]
Hanya kandidat yang melakukan confirmasi panggilan via telp ke Kenshusei.com yang akan kami proses

Fasilitas yang diperoleh bagi kandidat yang lolos interview 
-Tiket pesawat perjalanan dari Indonesia jepang [ditanggung perusahaan penerima dijepang] untuk sekali jalan.
-Gaji disetarakan dengan tenaga kerja asli jepang.
-Bagi yang sudah bekeluarga, dipersilahkan membawa anggota keluarganya dijepang.
-Mendapatkan hak cuti.
-Akomodasi tempat tinggal 1-3 bulan pertama ditanggung perusahaan.
Seleksi melalui jalur SO(Sending organization) biaya pengurusan visa engineer, Medical Checkup, biaya berangkat, dan biaya tinggal dijepang seluruhnya ditanggung oleh peserta. (Pembayaran setelah CEO“Certificate Of Egibility” turun) 
Lama proses : 6 bulan- 1 Tahun

Persyaratan Pelamar

- Lulusan sarjana jurusan Teknik (S-1) Jurusan Teknik Mesin, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Elektro.
- Bisa bahasa jepang memiliki sertificate JLPT minimal N3/3KYU.
- Memiliki surat pengalaman kerja dari perusahaan minimal 2 Tahun kerja.
- Pria Usia max 33 Tahun.
POSISI JABATAN:
1. TEKNISI DESAIN MESIN
2. TEKNISI SITEM KONTROL SOFTWARE

- TEKNISI DESAIN MESIN

SKILL TEKNIS YANG DIBUTUHKAN
Desain mesin, Memiliki keahlian desain dan menggambar, mampu mengoperasikan CAD 3D.
Pengalaman di bidang permobilan seperti, desain badan mobil, desain on-board sparepart mobil, dll.
Body, desain bagian dalam dan luar, wire harness, drive system, power system, steering system, braking system, sistem penerangan, sistem dashboard (meteran), sistem pembuangan gas, sistem pendingin, sistem alat pendingin, suspension system, komponen pengaman Pengalaman dalam mobil listrik, pengalaman men-desain mobil yang berhubungan dengan hybrid vehicle (menggunakan listrik dan bensin) Pengalaman dalam konstruksi mesin, pesawat, badan mobil yang berhubungan dengan auto bike, desain kendaraan Pengalaman dalam mesin perangkat bergerak, produk elektronik rumah tangga, Pengalaman yang berhubungan dengan desain perangkat, dll. Modeling CAD 3D, lay-out CAD 3D, analisis CAE.

SYARAT LAINNYA:
Harus bisa percakapan bahasa Jepang yang cukup untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan
Harus bisa berkomunikasi dan rapat teknis menggunakan percakapan bahasa Jepang yang menggunakan bahasa istilah teknik. Terkait dengan pekerjaan pengembangan di Jepang, harus mampu beradaptasi tinggal dan bekerja dalam waktu lama. Untuk memohon izin tinggal bekerja sebagai teknisi, harus merupakan lulusan universitas jurusan teknik reguler 4 tahun Berusia maksimal 33 tahun (pada saat datang ke Jepang) (batas maksimum usia dibuat berdasarkan dari sudut pandang persiapan dan karyawan training di lapangan) (Kondisi Penempatan Kerja).

- TEKNISI SISTEM KONTROL SOFTWARE

SKILL TEKNIS YANG DIBUTUHKAN
Mempunyai keahlian di bidang sistem kontrol, firmware, desain middleware dan keahlian coding.
Pengembangan driver, manajemen CPU, manajemen peripheral, pengembangan model base.
Pengalaman dalam CPU (micro-process), instalasi pemasangan cctv gudang.
Pengalaman dalam bahasa Matlab, SimLink, C, C++, VC++ dll.
Pengalaman dalam deskripsi kebutuhan, desain dasar, analisis, dll.
Pengalaman praktek mendetail dalam desain mendetail, coding, test dan lain-lain untuk produksi barang.
berpengalaman dalam sistem manajemen teknologi manajemen, komunikasi dll.


SYARAT LAINNYA:
Harus bisa percakapan bahasa Jepang yang cukup untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan
Harus bisa berkomunikasi dan rapat teknis menggunakan percakapan bahasa Jepang yang menggunakan bahasa istilah teknik.
Terkait dengan pekerjaan pengembangan di Jepang, harus mampu beradaptasi tinggal dan bekerja dalam waktu lama.
Untuk memohon izin tinggal bekerja sebagai teknisi, harus merupakan lulusan universitas jurusan teknik reguler 4 tahun.
Berusia maksimal 33 tahun (pada saat datang ke Jepang) (batas maksimum usia dibuat berdasarkan dari sudut pandang persiapan dan karyawan training di lapangan) (Kondisi Penempatan Kerja).

GAJI BULANAN
- GAJI 240.000 YEN/BULAN (Kurs 121= 29,2 Juta/Bulan)
- Gaji Meningkat Tiap Tahun
- Uang Bonus (2 kali dalam Setahun)
- Uang Lembur 100rb-120rb/jam
- Kontrak 5 Tahun
- Jenis Multiple Entry/Bisa kembali ke jepang
- Bisa membawa anggota Keluarga

BONUS, KESEJAHTERAAN
Gaji meningkat : setiap 1 tahun sekali. Bonus : 2 kali dalam setahun, Mess Karyawan untuk sendiri atau keluarga Asuransi Sosial Sistem Pendukung relokasi biaya.

LIBURAN, LIBURAN DIBAYAR
Sistem lima hari kerja Libur Nasional Musim Panas & Libur Tahun Baru Acara Liburan Keluarga Paid Holiday Perawatan, Cuti Jumlah Total Liburan : Sekitar 117 hari".
Tidak ada pungutan biaya apapun selama proses seleksi, sampai peserta dinyatakan lolos dan jaminan Berangkat,

BIAYA YANG DIKELUARKAN PESERTA ENGINEERING DI INDONESIA 
1. Biaya Medical Check Up (para kandidate yang mengatur, bisa dilakukan di Klinik dan medical lengkap meliputi test darah, urine, rontgen, anti HIV, Anti Narkoba, PAP TB, utk biaya ditanggung oleh peserta)
2. Biaya Passport (para kandidate sendiri yang mengatur, bisa dibuatkan di immigrasi manapun)
3. Biaya Tiket (para kandidate sendiri yang mengatur, jadi peserta diharuskan membeli tiket sendiri ditravel agent yang dianggap paling murah)

BIAYA PESERTA ENGINEERING DI JEPANG
1. Biaya Makan
2. Biaya Mess
3. Biaya Transportasi

Pendaftaran Engineering via Sending Organization(SO)
Kandidat yang memenuhi persyaratan pendaftaran bisa mengirimkan CV (daftar riwayat hidup) Rirekisho dalam bahasa jepang, dengan melampirkan foto copy ijasah teknik S-1, Surat pengalaman kerja dari perusahaan dan sertificate JLPT minimal N3/3kyu.
Via Email ke = seleksi@outlook.co.id
Lihat contoh >> [ Rirekisho dalam bahasa jepang ]
Hanya kandidat yang melakukan confirmasi panggilan via telp ke Kenshusei.com yang akan kami proses.

Bagi Peserta EX Kenshu yang belum memenuhi persyaratan diatas, pendidikan terakhir hanya sma/smk, masih ada jalan lain untuk bisa kembali bekerja kejepang yaitu melalui program “re-entry eks magang jepang”(eks jepang ke jepang lagi). Program ini ditujukan bagi peserta ex jepang yang ingin kembali ke perusahaan dulu tempat magang dijepang(eks jepang kembali ke jepang), ini merupakan program Olimpiade Tokyo 2020, Jepang membuka kesempatan untuk Ex Magang Jepang Untuk bisa kembali kerja di Jepang (
lowongan kerja eks kenshusei). Tetapi yang diijinkan hanya berlaku untuk jenis pekerjaan konstruksi bangunan dan las/welder perkapalan seperti tertulis di sertificate JITCO . 

jitco konstruksi
Cara mengikuti Progam Re-Entry: Perusahaan penerima dijepang harus sudah mendapat ijin khusus untuk memanggil peserta eks magang jepang.

Perusahaan/ sachou dijepang bisa menghubungi pihak JITCO untuk mendapatkannya. Kemudian kantor imigrasi dijepang akan mengeluarkan Sertifikat Izin Tinggal /COE, Certificate of Eligibility. Dengan status izin "Designated Activity" bahasa Jepangnya "TOKUTEI KATSUDO" status "Kegiatan Khusus". Barulah pihak sachou/perusahaan penerima dijepang menerbitkan Surat Undangan kepada peserta eks kenshu yang akan dipanggil magang kembali kejepang. Atas dasar undangan dan COE inilah, peserta eks kenshu baru bisa mengajukan VISA ke kantor Kedutaan Jepang yang ada diindonesia. Sesuai jenis perusahaan penerima di Jepang, misalnya bergerak dibidang konstruksi bangunan, Maka Kedutaan akan mengeluarkan "VISA CONSTRUCTION WORKER". 

Jangka waktu Program Re-entry eks magang jepang ini adalah 3 tahun, setiap tahun peserta harus mempebarui visa dan perusahan penerima dijepang merekomendasi keberadaan peserta di Jepang.
Bagi peserta ex magang jepang yang serius ingin kembali bekerja ke jepang yang belum memenuhi persyaratan job engineering diatas, Yang pendidikan terakhir hanya SMA/SMK atau belum bisa memiliki sertificate bahasa jepang JLPT, bisa kami bantu pengurusan mendapatkan “Sertificate Of Eligibility” CEO di kantor imigrasi melalui jasa konsultan. Kami buatkan penjamin, dan kami carikan perusahaan penerima dijepang, dan kami bantu proses perubahan status/izin tinggal menjadi visa kerja.
Info selengkapnya silahkan hubungi : http://www.kenshusei.com
Lama Proses: Langsung Berangkat!!


Berikut Perbandingan Program Magang Jepang dan Kerja Jepang

* Visa magang sifat Single Entry (hanya berlaku untuk sekali masuk jepang), Visa Kerja(working visa) sifat Multiple Entry (Bisa bekali-kali masuk jepang).

* Magang jepang tidak bisa pindah perusahaan dijepang, sedangkan visa kerja(working visa) bisa pindah perusahaan.

* Visa magang tidak bisa diperpanjang ijin tinggalnya, sedangkan visa kerja bisa diperpanjang ijin tinggal dijepang sesuai dengan kontrak perusahaan.

* Magang tidak memperoleh gaji, statusnya hanya sebagai uang saku, sedangkan visa kerja gaji sudah disetarakan tenaga kerja asli jepang.

* Penghasilan program magang dijepang berkisar 90.000-120.000 yen (9-12 juta/bulan), sedangkan kerja jepang penghasilan  berkisar 190.000-300.000 yen ( 19-30 juta/bulan) Gaji meningkat sesuai dengan karir dan tingkat jabatan.

Berikut struktur penggajian dijepang untuk menghargai kompetensi dan kinerja karyawannya

– >Pendidikan Lulusan D3 = JPY 170.000/bulan, atau sekitar Rp. 19 Juta/bulan

– >Pendidikan Lulusan S1 = JPY 190.000/bulan, atau sekitar Rp. 22 Juta/bulan

– >Pendidikan Lulusan S2 = JPY 190.000/bulan + JPY 20.000 = JPY 210.000, atau sekitar Rp. 25 Juta/bulan

* Kerja dijepang bisa mengajak keluarga (Suami/istri) untuk tinggal dijepang, sedangkan magang jepang tidak bisa

* Kerja jepang bisa mengundang keluarga atau teman berkunjung ke jepang/ sebagai penjamin, sedangkan magang jepang tidak bisa

Proses dan perubahan status/izin tinggal ( visa kerja)
Bagi orang asing yang tinggal di Jepang, bisa menetap setelah menerima keputusan status tinggal ( seluruhnya ada 27 jenis ). orang asing yang tinggal di Jepang dengan memiliki status tinggal, diizinkan untuk berkegiatan di dalam lingkup yang ditetapkan dalam jenis status tinggal tersebut. Karena itu, dalam rangka mencari pekerjaan di Jepang harus mengganti status tinggal saat ini ke " teknisi " atau " bisnis internasional/ khusus dibidang humaniora" yang memiliki izin bekerja.

Prosedur perubahan di imigrasi
Untuk meminta perubahan ke status pekerja, maka harus orang yang bersangkutan itu yang datang ke biro imigrasi regional atau biro terkait terdekat dan melakukan prosesnya di sana. Berikut ini adalah dokumen yang harus disiapkan.

Dokumen yang diperlukan

Hal-hal yang disiapkan sendiri
・Paspor asli nama anda ( atau serifikat travel) serta kartu residen.
Periksalah masa berlaku paspor. Kartu daftar orang asing pun dapat mengganti kartu residen

・lembar aplikasi izin perubahan status tinggal

Modul penggunaan lembar aplikasi akan berbeda berdasarkan jenis status tinggal.
N ( "peneliti"/ "teknisi"/ " bisnis internasional/ khusus di bidang humaniora"/"spesialis"/" kegiatan khusus a/b ") M ( investasi/usaha) I ( "profesor"/"pendidikan" ), U ( lain-lain).
Penggunaan akan berdasarkan pada jenis keterangan kegiatan sebagaimana tersebut.
Form lembar aplikasi dapat diminta di imigrasi dan juga dapat diunduh dari web site kementerian kehakiman
http://www.moj.go.jp/tetsuduki_shutsunyukoku.html
Lembar bisa digunakan dalam bentuk foto kopi.
Dalam lembar aplikasi perlu ada foto. Tempelkan foto ID ukuran 3cmx4cm.

・Lembar alasan aplikasi

Anda tidak harus menyerahkan lembar ini, namun dapat menjadi bahan pertimbangan jika menyerahkan tulisan penjelasan mengenai kaitan antara pekerjaan dan jurusan di universitas dan lain sebagainya, serta latar belakang sampai bisa mendapatkan pekerjaan. Tidak ada format khusus dalam menulis ini.

Dokumen yang diminta ke perusahaan
・Sertifikat daftar perusahaan
Mintalah sertifikat daftar perusahan mengenai perusahaan pihak penerima. Diperlukan cetakan 3 bulan sebelum melakukan proses aplikasi.

・Foto kopi lembar keterangan kontrak kerja

Merupakan kesepakatan antara orang tersebut dengan perusahan pihak rekrutmen dan sebagainya. Tidak masalah untuk menggunakan salinan dokumen perubahan personil serta surat penerimaan, namun harus meliputi beberapa hal seperti, kondisi kerja contohnya masa kontrak, tempat kerja serta tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam pekerjaan, jam kerja, masalah pengupahan dan pengunduran diri.

・foto kopi laporan keuangan dari perusahaan pihak rekrutmen dan sebagainya

Laporan keuangan adalah laporan laba rugi dan sewa-menyewa yang dibuat satu kali dalam satu tahun, setelah berakhirnya tahun fiskal. Mintalah hasil tahun yang paling dekat. Jika perusahannya baru didirikan dan tidak membuat laporan keuangan, mintalah laporan rencana tahunan sebagai pengggantinya.


・Foto kopi daftar keseluruhan catatan hukum seperti slip pemotongan pendapatan yang diperoleh pada tahun fiskal

yaitu laporan yang diserahkan oleh perusahaan kepada kantor pajak. Boleh memakai fotokopian, tetapi pastikanlah ada cap dari kantor pajak.

Bila perusahannya baru didirikan mintalah salinan sertifikat laporan pendirian, misalnya dari bagian pengupahan atau salinan laporan perhitungan pajak penghasilan, seperti pendapatan yang diperoleh dan tunjangan pemberhentian (pesangon) dalam 3 bulan terakhir

・Panduan Perusahaan
Jika ada brosur dari perusahaan, berikanlah itu. Atau bisa juga memberi print out situs perusahaan, tetapi diharapkan tercantum nama perusahan, alamat, nomor telpon, sejarah, modal, petugas, struktur, angka pekerja, angka pekerja orang asing ,penjualan pertahun, dan isi usaha ( hasil berbisnis dengan mitra bisnis utama).

Keterangan alasan kerja
Tidak harus diserahkan, tetapi akan dijadikan bahan pertimbangan apabila perusahaan yang mempekerjakan, memberikan surat keterangan yang menjelaskan dengan kongkret tentang alasan dan keharusan rekrutmen, serta isi pekerjaan yang akan dilakukan. Format penulisannya tidak ditentukan.
Selain itu untuk kasus tertentu, penyerahan ( sertifikat daftar perusahan mengenai perusahaan pihak penerima), ( laporan keuangan ), (daftar keseluruhan catatan hukum -legal- seperti slip pemotongan pendapatan yang diperoleh) dan ( panduan perusahaan ) boleh diabaikan. Namun, diharuskan untuk menyerahkan ( berkas lain sebagai pertimbangan ).

Dokumen didapatkan dari sekolah atau universitas
・Sertifikat kelulusan ( surat keterangan akan lulus/ Ijasah bagi yang sudah lulus)
Yaitu sertifikat akan yang dicetak oleh universitas tempat anda terdaftar dan akan lulus. Harus dengan aslinya. Untuk pelajar sekolah kejuruan, diperlukan surat keterangan sertifikasi "profesional/diplomat".

Berkaitan dengan periode pendaftaran aplikasi, jika tidak bisa mendapatkan sertifikat kelulusan, sebagai gantinya, serahkan surat keterangan akan lulus /Ijasah bagi yang sudah lulus. Setelah sertifikat kelulusannya sudah dicetak, maka perlu untuk segera diserahkan. untuk periode pendaftaran aplikasi, ditetapkan pada bulan januari agar lulusan baru bisa mendapatkan pekerjaan pada tiga bulan ke depan yaitu April.

Jika berkas penyerahan ada yang dibuat dengan bahasa asing, lampirkanlah terjemahannya ( bahasa Jepang). Karena berkas yang sudah diserahkan ke biro imigrasi tidak akan dikembalikan, maka jika yang ingin dikembalikan berkas aslinya, Tolong katakan "kembalikan berkas asli (gen pon kan pu)" agar dikembalikan. Jika seperti itu , jangan lupa untuk melampirkan berkas foto kopi dari aslinya.

Mengenai pemerikasaan biro imigrasi
Dalam pemeriksaan, pertama-tama akan dicek apakah kegiatan serta riwayat penetapan hingga kini di destinasi kerja, sesuai dengan jenis status tinggal seperti "teknisi, bisnis internasional/khusus di bidang humaniora" dan sebagainya.
- Apakah pengetahuan/keterampilan dimiliki orang tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikannya ( seperti (jurusan dan studi) atau karir lainnya?
- Apakah pengetahuan/keterampilan dimiliki orang tersebut akan bermanfaat jika dilihat dari segi jenis pekerjaan yang akan dilakukan?
- Apakah imbalan (seperti upah dan sebagainya) yang diberikan pada orang tersebut sesuai? Dan apakah terlihat kelancaran dan kestabilan dari skala dan prestasi perusahaan pihak rekrutmen ?
- Apakah benar-benar ada kesempatan bagi orang yang bersangkutan untuk mengembangkan pekerjaannya.
Mengenai hasil pemeriksaan, akan diberitahu melalui pos setelah beberapa hari kemudian dan bukan pada hari penyerahan aplikasi. 

Mengenai izin kerja.

Jika lulus ditahap pemeriksaan yang disebut di atas, maka akan diberikan status tinggal yang diperlukan untuk bekerja. Bedasarkan peraturan biaya prosedur imigrasi, jika menerima izin perubahan status tinggal, harus membayar 4,000 yen. (cara pembayarannya adalah dengan membeli materai seharga 4,000 yen dan ditempelkan pada "surat biaya prosedur").
Status tinggal untuk kegiatan mencari pekerjaan, maka prosedur dan syaratnya akan berubah

Lulusan junior college, sarjana, dan pasca sarjana serta lulusan yang bergelar ( profesional/ diploma) dari sekolah kejuruan ( dalam jurusan yang diambil), yang ingin melakukan kegiatan pencarian kerja, bisa melakukannya setelah melakukan perubahan status tinggal dari ( pelajar asing) ke ( kegiatan khusus). Masa berlakunya adalah selama 6 bulan, namun apabila dalam 6 bulan belum dapat menentukan pekerjaan, bisa melakukan perubahan ulang hingga dapat berkegiatan kembali selama 6 bulan. ( maksimal 1 tahun ditambah yang pertama kali).
Selain itu, dalam masa "kegiatan khusus" bisa melakukan kerja part-time dengan mendapatkan izin kegiatan diluar status.

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan perubahan ke kegiatan khusus (sedang melakukan kegiatan pencarian kerja)
1 Lembar aplikasi izin perubahan status tinggal (3 lembar untuk pendaftar dan foto)
2 Paspor dan kartu residen

( hal-hal yang disiapkan oleh pendaftar )
3 Surat yang membuktikan bahwa pemohon mampu membayar semua biaya hidup selama ia tinggal
4 Dokumen yang menerangkan bukti melakukan kegiatan pencarian kerja secara berkelanjutan ( seperti, catatan kegiatan pencarian kerja, pencapaian dan perencanan kegiatan pencarian kerja, surat daftar Hello Work, daftar jadwal rencana mengikuti sesi penjelasan perusahaan, surat hasil seleksi dan sebagainya)

( Hal-hal yang diminta ke sekolah)
5 Sertifikat kelulusan dari Universitas atau sekolah pasca sarjana, maupun surat keterangan gelar ( profesional/diploma) yang dicetak oleh sekolah kejuruan.
6 Surat rekomendasi melakukan kegiatan pencarian kerja dari sekolah
7 Nilai rapor dari sekolah kejuruan
8 Dokumen dari sekolah kejuruan yang menerangkan substansi gelar

Mengenai Status tinggal setelah diterima

Setelah selesai melakukan kegiatan pencarian kerja dan sudah diterima kerja, ada masa menunggu selama beberapa bulan sebelum mulai bekerja. Selama masa sebelum mulai bekerja, status tinggalnya sama yaitu (kegiatan khusus) namun karena tujuan kegiatan berubah dari ( kegiatan pencarian kerja) ke ( menunggu ), akan dilakukan perubahan prosedur.
Tetapi, jika berencana mulai bekerja pada bulan april dan kira-kira diterima kerja pada bulan Desember, maka sebaiknya mengajukan visa kerja, karena pemohon dapat mengajukan visa kerja, seperti ( bisnis internasional/khusus dibidang humaniora), (teknisi) dan sebagainya dari bulan Desember tahun sebelumnya. ( surat izin biasanya keluar dalam 1 bulan setelah mendaftar, tetapi melakukan perubahan status tinggal di imigrasi pada bulan maret setelah kelulusan)

Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam aplikasi perubahan ke ( kegiatan khusus "selama masa menunggu sampai diterima")
( Hal-hal yang disiapkan oleh pendaftar)
1 Lembar aplikasi perubahan status tinggal ( lampiran 5 lembar dan foto)
2 Paspor dan kartu residen
3 Surat yang menerangkan kemampuan penanganan akan seluruh beban selama masa tinggal

( Hal-hal yang diminta ke perusahaan)
4 Surat dari perusahaan yang dapat memastikan pernyataan konten rekrutmen serta tanggal penerimaan.
5 Surat perjanjian yang terlampir ketaatan perusahan akan duti perhubungan dan sebagainya
6 Isi pelatihan dilakukan selama masa sebelum direkrut ( hanya untuk yang ada)


Milikilah sertifikat kemampuan bahasa Jepang
Sekarang ini, perusahaan yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa umum mulai menjadi isu, namun itu sangatlah sedikit. Perusahaan Jepang pada umumnya menganggap bahwa pelajar asing yang lulus di Jepang sudah cukup memiliki kemampuan bahasa Jepang. Maka akan menjadi faktor penting juga, untuk memiliki sertifikat yang dapat menujukkan kemampuan tersebut secara objektif.

Test kemampuan bahasa Jepang ( JLPT)
Yaitu ujian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Jepang bagi orang bahasa ibunya bukan bahasa Jepang
Persyaratan mengikuti ujian:orang bahasa ibunya bukan bahasa Jepang
Pelaksanaan ujian:setahun dua kali ( Juli dan Desember)
isi:Test kemampuan bahasa Jepang terbagi 5 tingkat yaitu (N1、N2、N3、N4、N5). Soal ujian dibuat per tingkat, agar sebisa mungkin mengukur kemampuan bahasa Jepang secara detail. Untuk N4 dan N5 mengukur pemahaman dasar bahasa Jepang di dalam kelas. Untuk N1 dan N2 mengukur pemahaman bahasa Jepang yang dipakai pada situasi yang luas dalam keseharian nyata. N3 merupakan tingkatan yang menjembatani dari N4, N5 ke N1 N2.
Kontak:
Japan Educational Exchanges and Service ( JEES) Japanese-Language Proficiency Test ( JLPT)
4-5-29 Komaba, Meguro, Tokyo, Kode pos 153-8503
http://info.jees-jlpt.jp/
* Untuk pelaksanaan luar negeri, kunjungilah situs Japan Foundation
http://www.jlpt.jp/
Silahkan daftar online » Tes Japanese-Language Proficiency Test ( JLPT)

BJT tes kemampuan Bahasa bisnis Jepang
Tes yang mengukur dan menilai secara objektif, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang dalam situasi bisnis
Persyaratan mengikuti ujian:tidak ada
Pelaksanaan ujian:setahun dua kali ( Juni dan November)
isi:Test yang mengukur secara objektif kemampuan berkomunikasi meliputi pengelolaan informasi yang diberi, atas asumsi sudah memiliki pengetahuan grammar, kosa kata, dan Kanji. Dengan demikian, lingkup soal berupa segala situasi bisnis di Jepang. Soal berstruktur tiga bagian, yaitu listening comprehension test, composite test (listening + reading), dan reading test. Metode jawabanya adalah pilihan ganda dari empat pilihan dengan menggunakan sheet tanda. Hasilnya bukan "lulus atau tidak lulus", tetapi dinilai kedalam tingkatan J1-J5 berdasarkan angka (skor) dari nilai 0-800 yang diperoleh.

JI+
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang cukup memuaskan dalam situasi bisnis seperti apa pun.
JI
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang tepat dalam berbagai situasi bisnis.
J2
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang tepat dalam situasi bisinis tertentu.
J3
memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang rata-rata dalam situasi bisnis tertentu.
J4
memiliki kemampuan dasar berkomunikasi dengan bahasa Jepang dalam situasi bisnis tertentu.
J5
hampir tidak memiliki kemampuan komunikasi bisinis dengan bahasa Jepang.
Kontak:Yayasan asosiasi test kemampuan Kanji Jepang

398-Gojo Karasuma cho, Jalan Karasuma Matsubara sagaru, Shimogyo ku, Kyoto. Kode pos :600-858

Tel.075-352-8300 Fax.075-352-8330

E-mail : bjt@kanken.or.jp http://www.kanken.or.jp/bjt/index.html

Pahamilah aturan-aturan dalam bekerja
- Bentuk kontrak kerja 
Untuk pekerja asing di Jepang, pada dasarnya dizinkan untuk bekerja di Jepang hanya dalam jangka waktu tinggal. Setiap kali jangka waktu tinggal habis, maka harus diproses kembali.

Oleh karena itu, pihak perekrut (perusahan) ada kalanya merekrut "pekerja kontrak" dengan menyesuaikan jangka waktu tinggalnya (berbeda dengan pekerja tetap, ini adalah sebutan untuk pekerja yang memiliki batasan masa kerja.

Ada pula kasus dimana setelah mendapatkan pekerjaan di Jepang dalam jangka waktu tertentu, dipekerjakan kembali sebagai pegawai tetap di perusahaan negara asal. Jika seperti itu, maka ada kalanya pendapatannya diturunkan karena disesuaikan dengan standar upah di negara itu. Pada saat bekerja, ceklah dengan seksama bentuk kerjanya di masa yang akan datang.

- Jenjang karir ( jenis pekerjaan / pengalaman pekerjaan)

Karena banyak pekerja asing yang memiliki kesadaran yang tinggi dan rencana yang jelas tentang ( career pass), serta banyak yang berpikir untuk mendapatkan hasil dalam jangka waktu singkat. Sehingga apabila kenyataan isi pekerjaan yang sudah didapatkan tidak sesuai dengan harapan, kemungkinan terburuknya akan berhenti bekerja.

Karena banyak perusahan Jepang cenderung berprinsip untuk melakukan pelatihan tenaga kerja dalam jangka panjang, maka penting untuk memahami betul (prinsip) strategi personalia perusahaan, baik sebelum maupun setelah diterima kerja.

- Aturan-aturan di ranah kerja

Banyak poin-poin khusus dalam budaya perusahaan Jepang, seperti cara proses bekerja dan manajemen waktu. Misalnya kalau di Jepang, memahami perincian setelah diterima dan memenuhi isi pekerjaan sambil melanjutkan pekerjaan, tetapi karena pekerja orang asing tidak mengetahui itu dan bekerja berdasarkan manual, ada kalanya timbul masalah.

Pekerja asing itu memperjelas lingkup pekerjaan dirinya dan memiliki batasan (pekerjaan saya sampai di sini ), tetapi kalau di Jepang, ada kalanya bekerja melebihi batas lingkup pekerjaan diri sendiri dan bekerja sama dengan semuanya demi mencapai satu target. 

Karena aturan-aturan seperti ini berbeda-beda tergantung perusahaannya, maka harus dipahami seiring melakukan pekerjaan sehari-hari. Selain itu ada aturan-aturan yang harus dipatuhi, jika ngin bekerja dengan menyenangkan di tempat kerja. Seperti penampilan, sapa-menyapa, bahasa sopan dan cara menelpon. 

Salah pengertian yang kecil saja bisa berakibat kesalahan atau kesalahpahaman besar, maka jika ada yang tidak mengerti, meminta untuk diajari sampai pahami dengan baik. 

- Memegang rahasia

Ada juga yang meminta (perjanjian memegang rahasia) pada orang yang akan mengetahui informasi yang tidak untuk dipublikasikan, karena akan memegang rahasia perusahaan ( seperti informasi tentang produksi baru, teknologi tersendiri, informasi finasial dan lain-lain). 
Banyak terlihat pada bidang pekerjaan yang keahliannya tinggi, tidak terkecuali juga pekerja asing.

- Perlindungan Privasi

Untuk perusahaan, tidak hanya data pelanggan dan data SDM tetapi diwajibkan untuk menggunakan dan mengatur berbagai jenis informasi pribadi secara tepat dan aman. 

Ketika di tempat kerja yang berkaitan dengan hal-hal ini, harus selalu berhati-hati dan berusaha untuk mencegah terjadi kebocoran 

- Membawa paspor dan lain-lainnya

Terdapat kasus dimana pihak perekrut (perusahaan) menyimpan paspor pekerja orang asing atau kartu residennya untuk melakukan pembaharuan saat masanya habis. Tetapi hal itu tidak benar, karena paspor dan kartu residen, dalam undang-undang imigrasi diwajibkan untuk selalu membawanya. Maka pastikan membawa dan menyimpannya dengan sendiri. 

- Wajib lapor

Ketika orang status tinggalnya sebagai pelajar asing atau pekerja asing keluar dari sekolahnya atau perusahaannya, maka wajib untuk melakukan "laporan mengenai kontrak lembaga" dalam waktu 14 hari. Lakukanlah dengan segera melalui pos atau menyerahkan sendiri. Dan untuk pihak yang merekrut pun wajib melakukan "laporan penerimaan penetap jangka waktu singkat atau panjang" 



- Bila terjadi perubahan terkait status tinggal, segera lapor ke biro imigrasi. 

Ubah isi kegiatan, dan jika akan melakukan kegiatan yang termasuk dalam status tinggal lain, maka segeralah mendaftar di biro imigrasi. Dan jika tidak melakukan kegiatan yang termasuk dalam status tinggal yang dimiliki saat itu, selama lebih dari 3 bulan berturut-turut, maka status tinggalnya akan dicabut dan menjadi penduduk ilegal.

berikut informasi tokutei ginou » Pendaftaran job tokutei ginou

Informasi bagi eks jepang » visa intercompany eks jepang


Informasi job terkait, Lowongan engineering it ke jepang.  lowongan kerja eks kenshusei. Visa engineering jepang. eks jepang kembali ke jepang. visa intercompany jepang. Info kerja ex jepang. lowongan kerja ke jepang bagi ex jepang. Lowongan tki jepang untuk wanita Gratis Potong Gaji

by jasa fotografer jakarta
Jasa video shooting jakarta
jasa video shooting khitanan